Laman

Selasa, 01 Mei 2012

PERKEMBANGAN INDUSTRI SEPEDA MOTOR DI TANAH AIR.

Pendahuluan

            Carut marut transportasi umum dan fasilitas jalan raya di Indonesia memaksa para pengguna jasa angkutan umum dan juga pejalan kaki beralih menggunakan kendaraan pribadi, salah satunya kendaraan roda dua yaitu sepeda motor. Hal ini tentu membuat pertumbuhan jumlah kendaraan roda dua ini meningkat. Ini bisa kita lihat dari banyaknya jumlah kendaraan roda dua di jalan raya.

            Hal ini pun akhirnya dimanfaatkan para produsen sepeda motor di tanah air untuk meningkatkan total penjualan mereka. Bahkan akhir-akhir ini sudah banyak produsen sepeda motor yang menawarkan berbagai fitur yang canggih demi menunjang kegiatan penggunanya. Hal ini tentu membuat perkembangan industri sepeda motor di indonesia semakin meningkat.

Pembahasan

                  Year                         Production                                      Wholesales
  

           Dari data di atas,bisa kita lihat perkembangan kapasitas produksi pabrik dan total penjualan sepeda motor di tanah air. Pada tahun 2009, penjualan mengalami tekanan karena imbas daripada krisis finansial global yang menyebabkan perbankan dan leasing mengurangi laju pertumbuhan kredit. Sedangkan di tahun 2010, imbas krisis sudah mulai mereda dan ini tentu saja mendongkrak kapasitas produksi pabrik dan total penjualan mereka.

            Alhasil, pada tahun 2010, angka penjualan sepeda motor mencapai rekor baru yaitu di angka 7,4 juta unit dari sebelumnya hanya 5,9 juta unit atau meningkat 25,7%. Dan pada tahun 2011, dapat di pastikan angkanya akan melebihi 8 juta unit. Hal ini tentu saja di dukung oleh pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia yang akan terus meningkat.

Permasalahan yang di hadapi produsen sepeda motor

            Masalah yang  sedang dihadapi para produsen sepeda motor adalah semakin terbatasnya kapasitas produksi mereka yang mengakibatkan semakin sulitnya pengembangan pasar sepeda motor. Untuk tetap terus memanfaatkan peluang pasar, beberapa produsen sudah berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi mereka karena memandang prospek yang cukup baik pada tahun-tahun mendatang. Penambahan kapasitas ini terutama dilakukan para pemain besar dan menengah yang masih bisa memperluas pasarnya.

            Pada tahun 2009 kapasitas produksi baru mencapai 9,02 juta unit /tahun yang terdiri dari kapasitas produksi dari pabrik sepeda motor yang tergabung dalam Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sebesar  7,71 juta unit / dan 1,31 juta unit / tahun untuk non AISI. Pada tahun 2010 kapasitas produksi meningkat menjadi 10,44 juta unit per tahun.

            Peningkatan kapasitas produksi pada tahun 2010 didorong oleh penambahan kapasitas produksi oleh Yamaha dan Honda yang masing-masing sebesar 500 unit/tahun. Dengan penambahan kapasitas tersebut, Yamaha pada tahun 2010 masih bertahan sebagai pabrik sepeda motor terbesar dengan kapasitas produksi 3,7 juta unit per tahun, disusul oleh Honda sebesar 3,5 juta unit per tahun. Sementara Suzuki menjadi pabrik terbesar nomor tiga setelah menambah kapasitas produksinya sebesar 400 ribu unit/tahun sehingga kini kapoasitasnya menjadi 1,4 juta unit /tahun.

            Pada tahun 2011, Honda kembali melampaui Yamaha setelah kapasitas produksinya ditingkatkan sebesar 800 ribu unit/tahun menjadi 4,3 juta unit/tahun dari sebelumnya 3,5 juta unit/tahun. Sementara Yamaha pada tahun 2011 belum merencanakan penambahan kapasitas produksi. Kapasitas produksi nasional diperkirakan masih akan bertambah dalam beberapa tahun ke depan seiring beberapa rencana investasi untuk pengembangan kapasitas produksi oleh beberapa pemain. Yamaha yang sebelumnya menunda peningkatan kapasitas produksi pada tahun 2011, kini Yamaha sudah berencana  untuk meningkatkan kembali kapasitas produksinya untuk mengejar ketertinggalan dari Honda.

Investasi pabrik baru jadi solusi

            Menariknya pasar sepeda motor di Indonesia menjadikan Honda dan Yamaha terus bersaing untuk menjadikan Indonesia sebagai target pasar maupun pusat produksi bukan hanya bagi pasar Indonesia tapi juga pasar dunia. Salah satunya adalah Honda yang  tampaknya akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi motor utama dunia. Hal ini bisa di lihat dari keinginan Honda Motor Co untuk menambah pabrik baru di sini. Pendirian pabrik ini menjadi salah satu agenda besar Honda Motor Co untuk bersaing dengan para produsen otomotif dunia lainnya.

            Menurut Chief Executive Honda Motor Co, Takanobu, pabrik yang akan berdiri pertengahan 2011 ini memiliki kapasitas produksi hingga 500 ribu unit/tahun. Nantinya beragam sepeda motor Honda terbaru bakal diproduksi di pabrik baru ini. Bisa jadi salah satunya adalah sepeda motor listrik. Ini jelas kabar bagus bagi PT Astra Honda Motor, selaku prinsipal sepeda motor Honda bagi pasar Indonesia

            Sementara itu, Yamaha yang sebelumnya sempat menyatakan akan menunda penambahan kapasitas produksinya, ternyata kini Yamaha Motor Company mulai menyusun rencana baru untuk membangun pabrik ketiga di Indonesia. Tujuannya yaitu melakukan investasi baru di Indonesia adalah agar dapat terus bersaing dengan Honda. Sebabnya, karena kapasitas produksi Honda yang sudah mencapai 4,3 juta unit/tahun pada tahun 2011 sedangkan Yamaha masih 3,7 juta unit/tahun. Sehingga tanpa ada penambahan kapasitas dipastikan Yamaha akan terus di belakang Honda.

            Rencana pembangunan pabrik PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), sekarang masih dalam tahap awal, yaitu baru pembelian lahan untuk pabrik. Menurut informasi dari PT YMKI seperti yang dikutip beberapa media massa, investasi Yamaha di Indonesia akan berjalan seiring permintaan pasar domestik. Penambahan kapasitas dilakukan bertahap. Dimulai dengan 150 ribu unit, setelah itu 300 ribu unit dan 600 ribu unit.

Kesimpulan

            Dengan makin pesatnya pertumbuhan industri sepeda motor, ada baiknya jika para produsen juga ikut membantu pemerintah untuk menunjang sarana dan prasarana jalan, serta penyuluhan tentang tertib berlalu lintas, agar ke depannya industri sepeda motor ini akan terus berjalan dengan semakin baik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar